Senin, 11 Agustus 2014

Sosialisasi Kurikulum 2013


Kurikulum 2013 atau Pendidikan Berbasis Karakter adalah kurikulum baru yang dicetuskan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI untuk menggantikan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Kurikulum 2013 merupakan sebuah kurikulum yang mengutamakan pemahaman, skill, dan pendidikan berkarakter, siswa dituntut untuk paham atas materi, aktif dalam berdiskusi dan presentasi serta memiliki sopan santun disiplin yang tinggi. Kurikulum ini menggantikan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan yang diterapkan sejak 2006 lalu.

Dalam Kurikulum 2013 mata pelajaran wajib diikuti oleh seluruh peserta didik di satu satuan pendidikan pada setiap satuan atau jenjang pendidikan.Mata pelajaran pilihan yang diikuti oleh peserta didik dipilih sesuai dengan pilihan mereka. Kedua kelompok mata pelajaran tersebut (wajib dan pilihan) terutama dikembangkan dalam struktur kurikulum pendidikan menengah (SMA dan SMK) sementara itu mengingat usia dan perkembangan psikologis peserta didik usia 7 – 15 tahun maka mata pelajaran pilihan belum diberikan untuk peserta didik SD dan SMP.

Untuk memberikan pemahaman yang tepat kepada Orang Tua/Wali Murid, SDN Kauman 1 Bojonegoro mengadakan kegiatan Sosialisasi Kurikulum 2013, pada tanggal 5, 7, 9 dan 11 Agustus 2014. Kegiatan tersebut perlu dilaksanakan, karena Kurikulum 2013 diterapkan pada Tahun Pelajaran 2014/2015 mulai Semester 1 ini.

Sosialisasi ini mendapat tanggapan yang baik dari para Orang Tua/Wali Murid . Berbagai pendapat disampaikan, demi terlaksananya Kurikulum tersebut di SDN Kauman 1 Bojonegoro. Gayung pun bersambut, usulan-usulan tersebut akan segera direalisasikan oleh pihak sekolah.





0 komentar:

Poskan Komentar